Kamis, 01 Agustus 2013

BERUBAH Sebagai Sebuah Kebutuhan

Dunia berubah, lingkungan berubah, iklim perusahaan berubah, bahkan diri kita pun berubah, semua terjadi dan begitu cepat. Dinosaurus seekor hewan yang kita tahu adalah contoh hewan yang tidak bisa mengikuti perubahan yang ada disekelilingnya. Jika kita tidak berubah, mungkin nantinya kita juga berada di musium berdampingan dengan fosil dinosaurus. Hehe..

Satu-satunya cara yang perlu kita lakukan jika ingin kehidupan yang lebih baik maka kita perlu BERUBAH, atau dengan kata lain Move ON. Move ON atau bergerak, berpindah dari sebuah situasi ke situasi lainnya. Tentu saja perpindahan tersebut ke arah yang lebih tinggi, lebih nyaman, lebih berkelas, lebih bermartabat alias lebih baik.

Apakah saat ini anda sedang Move ON (Bertumbuh)? Tentunya kita pernah mengalami saat gigi graham bungsu kita tumbuh yaitu saat usia 18-20 tahun? Masih ingat bagaimana rasanya? Badan demam, makan nggak enak, gusi sakit dan perasaan-perasaan tidak nyaman lainnya. Apakah hal tersebut adalah sesuatu yang negatif? Tentu saja bukan, karena diri kita sedang bertransformasi yaitu gigi graham bungsu kita telah lahir.

Pertumbuhan berbanding lurus dengan ketidak nyamanan, seperti kata pepatah good life is the enemy of great life atau kehidupan yang nyaman adalah musuh dari kehidupan yang lebih baik. Jadi jika anda saat ini sudah nyaman dengan kehidupan anda, mungkin anda nyaman dengan pekerjaan anda, anda mungkin nyaman dengan gaji dan jabatan anda dikantor mungkin itu sebuah tanda jika saat ini anda tidak sedang Move ON atau tidak bertumbuh.

Pertanyaannya, apakah menikmati kehidupan yang nyaman adalah sebuah larangan? Tentu saja tidak, adakalanya kita perlu menikmati hasil daripada kerja keras kita selama ini, namun dunia sekeliling kita mengalami perubahan, semua terjadi begitu saja even kita tidak berubah pun dunia akan terus berubah pilihannya adalah berubah atau punah? Senada dengan apa yang disampaikan oleh salah satu manusia jenius abad 21-Albert Einstein Kehidupan layaknya kita mengayuh sepeda. Untuk membuatnya tetap seimbang, kita harus selalu Bergerak.

Abraham Lincoln pernah berkata, banyak orang yang telah menjadi Zombie (mayat hidup) ketika berusia 25 tahun keatas, Artinya, banyak mereka yang berhenti bermimpi (bertumbuh), secara fisik mereka masih sehat, hidup dengan nyaman tetapi sebenarnya mereka seperti mayat hidup cenderung menjalani kehidupan dengan prinsip Monkey See, Monkey Do alias menjalani rutinitas tanpa perubahan yang berarti dalam perjalanan hidup mereka, tentunya orang itu bukanlah anda yang sedang membaca tulisan ini. Belajar dari kake @JamilAzzaini Karena ciri hidup itu berubah dan bertumbuh maka siapa pun kita, apa pun latar belakang anda, apakah anda seorang mahasiswa, karyawan, pengusaha, ibu rumah tangga bahkan yang belum bekerja sekalipun anda perlu Move ON

Langkah-Langkah Seperti Apa Yang Perlu Kita Lakukan Untuk Move ON?

Pertama, mendeteksi diri dimana kita, mau kemana kita, apa yang ingin diraih? Sebagai contoh, anda sebagai pendatang dari luar kota yang ingin berkunjung ke Rumah STIFIn Banten lalu bertanya kepada kami, “pak/bu, saya menuju tempat bapak, saya lewat jalan mana ya?” kira-kira apa yang akan kami tanyakan? Anda benar, terlebih dahulu kami akan bertanya, “bapak/ibu dari arah mana?” Karena posisi kita saat ini adalah sebuah ukuran bagi kami untuk memandu anda menuju lokasi yang anda ingin hampiri. Senada yang disampaikan oleh salah satu sahabat kami di Rumah STIFIn Banten mas Adam Dani Fauzan #1 Magician in Banten, jika kita tidak tahu harus berlayar kemana, maka semua arah mata angin adalah benar.

Kedua, set up ulang diri kita mengikuti perubahan dari luar dengan cara perlahan-lahan mengubah kebiasaan dan segala sesuatu yang diperlukan. Berubah tidak asal berubah, anda harus bertumbuh kearah yang lebih baik. Dalam buku ON karya Insipirator SuksesMulia bpk. Jamil Azzaini menuturkan ada 4 (empat) hal yang perlu kita lakukan dalam rangka berubah dan bertumbuh atau lebih populer dengan sebutan Move On dengan empat ON, apa saja?

Di dalam hidup, anda punya banyak keinginan. Diantara banyak keinginan tersebut ada yang paling anda inginkan untuk anda wujudkan, itulah Visi-ON. Semakin jelas vision anda akan semakin baik, Clarity is Power, kejelasan adalah sember kekuatan. Temukanlah Visi-ON hidup anda, maka ia akan menjadi arahan setiap tindakan dan keputusan anda.

Vision saja belum cukup tanpa sebuah Acti-ON. Gunakan skala prioritas agar actiON yang anda lakukan efektif dan efisien. Action yang anda lakukan tentunya harus terukur dalam rangka mewujudkan Vision anda. Ingat! Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.

Action yang cerdas dalam rangka mewujudkan Vision adalah action yang sesuai dengan Passi-ON. Sesuatu yang membuat anda bergairah, bukan karena uangnya melaikan karena kecintaan terhadap yang anda lakukan, bahkan anda rela melakukannya meskipun anda tidak dibayar, temukan sejatinya passi-ON anda. Bergeraklah sesuai passion. http://www.stifinbanten.com/2012/06/live-your-life-with-passion.html

Dan sebagai mahluk sosial, Move ON yang kita lakukan akan bertahan lama dan mengalami percepatan bila kita melakukan Collaborati-ON dengan berbagai komponen yang ada. Atau dalam ilmu kimia, anda perlu katalisator untuk mempercepat reaksi yang anda inginkan. Collaboration terbaik diawali dari rumah bersama pasangan anda, keluarga anda. Setelah itu, anda perlu menetapkan siapa saja partner sukses anda. Bergurulah kepada orang yang bisa membantu anda mencapai vision anda. Berguru pula kepada orang yang ahli untuk mengasah passion anda. Sesaat lagi kita akan sama-sama belajar bagaimana caranya Move ON (bertumbuh) dengan metode yang simple dan aplikatif di Training ON Plus mau? Lets Move ON.

Sumber: Workbook Ekslusive Training ON Plus w/ @StifinBanten

STIFIn Banten

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar :

Posting Komentar