Sabtu, 08 Desember 2012

Penggarapan Bakat dan Pembinaan Intesif


 Saya sudah berlatih secara maksimal, saya sudah berusaha tetapi mengapa koqmasih belum juara juga”. Mau pontang-panting sepertiapapun berlatih selama prestasi belum bergerak itu namanya bukan berusaha. Itu hanya disebut bergaya.

Masih ingat rumus usaha dalam fisika. Usaha sama dengan gaya dikali jarak. Jadi kalau energi yang dikeluarkan tidak berhasil menciptakan jarak masih disebut gaya. Makanya, kalau berusaha yang betul supaya prestasinya bisa bergerak. Kalau tidak, cuma bergaya saja. Sayang buang tenaga.

Terlalu banyak orang di dunia ini yang cuma bergaya dalam menjalankan programnya. Tidak terkecuali orangtua yang mengikutkan anaknya dalam sebuah program yang intensif. Rumus fisika tadi adalah hukum alam yang terjadi kepada siapa saja. Berusaha yang tidak disertai dengan ilmu seringkali kandas. Tidak menciptakan gerak prestasi.

Jadi bagaimana seharusnya yang dinamakan penggarapan dan pembinaan yang intensif? Maka sederhananya ikuti hasil kajian Malcolm Gladwell. Baru disebut intensif ketika siap menjalani program 10,000 jam yang deliberate practice(atau mudahnya saya sebut program latihan terdisain). Hal terpenting dalam melakukan latihan terdisain ini harus dimulai lebih dini dibimbing oleh coach yang berkualitas. Usia dini berapa untuk memulai program intensif tergantung pada bi-dangnya dan mesin kecerdasan yang akan diprogramkan. Namun secara umum sudah bisa dimulai dari umur 6 tahun, karena anak-anak umur 6 tahun sudah bisa melihat jauh ke depan memproyeksi cita-citanya.


Penting untuk diingat meskipun secara umum program terdisain itu sudah dapat dimulai dari umur 6 tahun (bahkan ada yang 3 tahun) jan-gan sampai anak-anak kehilangan masa bermainnya hingga umur 9 tahun. Bagaimanapun untuk pertumbuhan mentalnya mereka perlu mengecapi masa kanak-kanak yang cukup. Demikian juga ketika program terdisain dilanjutkan hingga usia remaja, jangan sampai anak kita kehilangan masa remajanya.

Program terdisain itu memang memerlukan dukungan yang memadai dari orang lain untuk memastikan program yang diberikan berjalan dengan baik tidak menimbulkan dampak negatif dan yang bersangkutan enjoy.Pembagian peran yang utama diantara ketiganya adalah sebagai beri-kut:

Anak : Menghadirkan komitmen dan kesungguhan.

Orangtua : Memastikan ketersediaan waktu dan pergaulan bagi anaknya untuk menikmatimasa anak-anak/remaja.Memotivasi anak agar memiliki kom itmen dan kesunggu-han melalui internalisasi cetak biru si anak.Memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan ter-masuk menyiapkan pelatih. Bersama dengan pelatih untuk menjaga standar latihan dan gaya hidup si anak.

Pelatih :Mengenali mesin kecerdasan si anak, agar tahu bagaimana men-treatmentsi anak.Memiliki pengetahuan teknis terhadap program latihan terdisain untuk anak yang telah dikostumisasi dengan jenis kecerdasan anak.Telaten ‘memberi’ perhatian, bukan ‘demanding, terhadap anak supaya anak merasa nyaman, agency cost-nya rendah (tidak bikin stres). Memastikan 10,000 jam itu tidak patah di tengah jalan

STIFIn Banten

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar :

Posting Komentar