Senin, 03 Juni 2013

Resensi Buku Fight Like A Tiger Win Like A Champion


Beberapa  waktu yang lalu saya membeli sebuah buku yang bagus dan sampai sekarang masih suka dibaca terutama pada saat saya membutuhkan ‘energi’ untuk recharge kembali motivasi hidup yang kadang hampir padam. Kemanapun saya pergi buku tersebut selalu menemani dalam setiap perjalanan. Buku tersebut berjudul ‘Fight Like a Tiger , Win Like a Champion’ yang ditulis oleh Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadhi. Bahasa yang digunakan menurut saya enak untuk dibaca. Kebanyakan isinya berupa cerita yang menginspirasi pembaca untuk menggali lebih dalam makna di balik cerita tersebut. Sebagaimana dalam pengantar oleh penulisnya bahwa buku tersebut merupakan ‘kumpulan cerita inspiratif yang dipadukan di dalam prinsip prinsip siap pakai’.

Buku setebal 365 halaman + 17 halaman tambahan, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada saat saya membeli sudah masuk dalam cetakan ke 8. Yang berarti bahwa buku ini menjadi salah satu best seller di tanah air. Walaupun mempunyai judul dalam bahasa inggris namun sesungguhnya isinya murni bahasa Indonesia. Sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siapa saja termasuk yang awam dalam bahasa inggris.

Setiap bab menyuguhkan cerita motivasi dan prinsip yang memberikan anda dorongan untuk pengambilan tindakan yang besar guna tercapainya tujuan hidup anda. Buku ini memberikan berbagai tips sederhana namun berguna agar dapat langsung dipraktekkan. Delapan prinsip kesuksesan dalam buku ini menunjukkan bagaimana membangun sikap yang positif, memiliki mimpi yang besar, bagaimana menemukan karier yang anda cintai dan masih banyak lagi. Setiap prinsip diulas secara mendalam, disajikan dalam satu bab khusus. Jadi setiap bab masing masing berisi satu prinsip untuk dibahas. Setiap bab utama tersebut selalu diawali dengan kata ‘The Power Of…’.

1. The power of Positive Attitude

Bab ini membahas mengenai apa pengertian dari positive attitude serta hal hal apa saja yang diperlukan agar pembaca dapat mempunyai attitude seperti yang diharapkan. Bagaimana kita harus berfokus terhadap tujuan untuk mencapai keberhasilan. Serta menyikapi masalah yang muncul dalam perjalanan mencapai tujuan tersebut.

2. The Power Of Belief

Belief atau keyakinan akan mempengaruhi sikap/attitude terhadap setiap permasalahan hidup yang dihadapi, “if you believe you can..You can”. Begitu salah satu prinsip seorang juara mengenai sebuah keyakinan. Membahas mengenai bagaimana mendayagunakan keyakinan sebagai salah satu prinsip kesuksesan .

3. The Power Of Goals

Kunci kesuksesan dibangun dari tujuan yang kuat agar dapat dicapai. Tanpa tujuan/goals yang jelas mustahil dicapai sesuatu yang berarti. Bagaimana memvisualisasikan goals yang ingin diperoleh serta kriteria goals seperti apa yang sebaiknya dibuat atau ingin dicapai, semuanya dibahas pada bab ini.

4. The Power Of Failures

Kegagalan merupakan bekal kesuksesan pada masa mendatang dengan mengingatkan bahwa setiap kegagalan membawa bibit yang dapat menghasilkan keuntungan yang sama atau bahkan jauh lebih besar. Kegagalan juga sebuah proses dalam mencapai sebuah keberhasilan. Apa yang seharusnya kita ambil mengenai kegagalan yang dialami, anda dapat menemukannya di bab ini. Juga bagi anda yang selama ini merasa trauma dengan kegagalan , anda mungkin akan menemukan pemecahan nya disini.

5. The Power Of Motivation

Motivasi yang positif akan menghasilkan hasil akhir yang positif pula, begitu pula sebaliknya . Mengapa harus mempunyai motivasi yang positif dan apa yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan motivasi yang positif , akan diperoleh jawabannya melalui bab ini.

6. The Power Of Awareness

Bersiaplah untuk menghadapi setiap perubahan dalam hidup, karena satu satunya yang pasti adalah perubahan itu sendiri. Pada bab ini dibahas mengenai cara untuk menghadapi perubahan tersebut serta faktor faktor lain yang masih berhubungan dengannya.

7. The Power Of Integrity

Integritas yang kita punya dalam perjalanan mencapai sebuah kesuksesan akan menentukan hasil akhir dari kesuksesan tersebut. Bagaimana sikap yang hendaknya dimiliki oleh seorang juara, anda akan menemukan jawabannya pada pembahasan ini.

8. The Power Of Consistent and Persistent Action

Pada bab akhir ini dibahas mengenai langkah yang seharusnya diambil untuk mencapai tujuan. Pada intinya adalah jangan pernah menyerah walaupun rintangan selalu menghadang. Sebuah penutup yang bagus untuk direnungkan dan diambil manfaat nya.

Pada akhir setiap pembahasan kedelapan bab tersebut di tambahkan pula rangkuman. Sehinga anda akan dapat menarik dengan mudah makna apa yang tersurat dalam pembahasannya. Jadi lebih mudah untuk diingat setiap point penting dari setiap pembahasan. Selain itu pula pada akhir buku ini juga dirangkum berbagai macam pepatah dari para tokoh dunia, yang sering muncul di tiap pembahasan dalam buku.

Buku ini pantas dijadikan sebagai koleksi anda yang berharga. Gaya penuturan dan isinya menurut saya sangat enak untuk dicerna dan masuk akal. Tidak ada jalan pintas menuju sukses, diperlukan panduan bagaimana cara mencapai kesuksesan itu sendiri. Buku ini layak dibaca untuk memberikan ‘percikan api’ agar ‘tangki semangat’ anda terus menyala siap untuk bertarung bagai harimau, dan meraih kemenagan sebagai seorang juara sejati !

Sumber buku : ‘Fight Like A Tiger, Win Like A Champion’ yang ditulis oleh Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadhi.

beni badaruzaman

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar :

Posting Komentar